Wednesday, April 2, 2008

The meaning of my Feast


Ngomongin masa puasa kemarin, pastinya memberi arti buat gw.
Selama ini, gw ngga pernah tahan kl disuruh ngga makan. Dulu kayaknya ngga begitu, cuma entah kenapa, makin tua gw jadi makin ngga tahan lapar.
Rasanya kl ud lapar, semuanya mau gw lahap. Padahal kl ud mulai makan sih... ngga abis juga kadang-kadang.

Lalu masa puasa kmrn (pra paskah) suami gw berniat mau puasa selama 40hari. Selama ini gw paling malas kl disuruh ikut-ikutan puasa. Tapi entah kenapa kali ini, gw ngikut aja.
Maka mulailah gw pantang nasi selama 40 hari sejak Rabu Abu. 2 mgg pertama ya ngga berat sama sekali... lha gw ada di Jerman... kagak ada nasi di sana. Tapi godaan mulai timbul saat pesawat pulang dari KL-Jkt dikasih nasi+sate ayam. Mana gw paling doyan nasi lagi... ud kebayang makan nasi pake sayur asem+sambel gandaria+ikan asing... aduuuuhhhh surga deh!

Puji Tuhannya.. ngga tahu kekuatan dari mana, gw jalanin lumayan baik. Sampe 2 mgg terakhir sebelum paskah... gw memutuskan mau pantang kopi dan daging... satu lagi... kopi! Ini juga penderitaan... untungnya suami gw juga pantang kopi, jadi gw ngga harus nyiumin baunya setiap hari...
Sampe 1 mgg sebelum paskah gw memutuskan ikut suami gw... cuma makan buah2an aja dan air putih. Gosssshhhh... ini bener2 gw ngga tahan... ngga usah nunggu 1 hari... itungan 10jam an deh... gw ud menggiggil di bawah selimut dan kayaknya ampir pingsan... akhirnya gw memutuskan makan sayur juga selama 1 mgg itu.

Tapi dari keadaan itu gw berpikir... bagaimana rasanya jadi orang miskin? Buat gw.. seperti foto di atas, ada pengharapan kl gw akan makan besar setelah easter vigil mass. Dan gw ud buat rencana gw mau makan apa aja! heheheh... tapi mereka...?
Berencana pun tidak mampu, bahkan mereka tidak tahu sampai kapan kelaparan ini berakhir...?
Bagaimana rasanya..?
Kalau penderitaan ini bisa membayar silih buat jiwa-jiwa... rasanya penderitaan lapar dan menggigil gw ngga ada artinya sama penderitaan Yesus di atas kayu salib. Setiap doa yang gw panjatkan... memang terasa dekat dengan Tuhan.
Dan lewat puasa gw... Tuhan banyak memulihkan hati gw... rasa cinta gw sama Tuhan yang sudah lama ngga gw rasakan, masalah keluarga yang mungkin belum selesai, tapi ada terang yang menyinari kegelapan masalah itu.
Lewat puasa gw... Tuhan mengusik hati gw lewat seorang ibu, dan itu membuat gw banyak belajar berdamai dengan beberapa masalah dalam hati gw dan menyadari... No matter what... I will always be the apple of Father's heart.
Lewat puasa gw... Tuhan memulihkan persahabatan gw dengan sahabat gw... bukan cuma gw, tapi dengan suami gw juga.

It's really a huge blessing.
Menemukan bahwa penderitaan gw yang hanya sedikit dibandingkan penderitaanNYA, membawa berkat yang luar biasa besarnya bagi kehidupan gw.
DIA memang tidak dapat melakukan yang lain selain memberi dan mengasihi, dan kesetiaanNYA itulah yang memenangkan hati gw waktu demi waktu.

No comments:

Quotes by Women who inspire my life.

"My philosophy is that not only are you responsible for your life, but doing the best at this moment puts you in the best place for the next moment." (by Oprah Winfrey)

"Hidup benar di hadapan Tuhan. Percayalah... apa yang kau buat pasti berhasil!"
(by my mom)


"Spread love everywhere you go: first of all in your own house. Give love to your children, to your wife or husband, to a next door neighbor. Let no one ever come to you without leaving better and happier. Be the living expression of God's kindness; kindness in your face, kindness in your eyes, kindness in your smile, kindness in your warm greeting."
(by Mother Teresa)